Menerapkan Konsep
Ultralight Backpacking
Saat Mendaki Gunung

Ultralight Backpacking adalah sebuah konsep yang menekankan pada barang bawaan agar menjadi lebih ringan dan sederhana dengan tujuan meminimalisir waktu dan tenaga tanpa mengurangi tingkat kenyamanan dan keamanan. Ultralight Backpacking dipopulerkan oleh seorang pemanjat tebing, Ray Jardine pada buku yang berjudul PCT Hiker’s Handbook di tahun 1992 dan berubah menjadi Beyond Backpacking di tahun 1999 yang menginformasikan teknik dasar untuk menjadi ultralight backpacker.

Konsep tersebut sudah banyak dilakukan dalam dunia pendakian oleh pendaki-pendaki Indonesia maupun Mancanegara, ada tiga faktor yang perlu diperhatikan jika kamu mau mencoba untuk menerapkan konsep ultralight backpacking, yaitu Efisien, Aman, dan Nyaman. Efisien dalam membawa perlengkapan dan perbekalan, memilih atau mengganti perlengkapan menjadi yang lebih ringan tanpa mengurangi rasa Aman dan Nyaman.

Beberapa perlengkapan yang bisa kamu gunakan untuk penerapan konsep ultralight backpacking.

Carrier
Gunakan carrier yang berukuran 20 L – 40 L dengan beban kosong kurang dari 2Kg.

Sleeping bag
Menggunakan sleeping bag goose down atau duck down, karena dapat dilipat menjadi kecil dari sleeping bag yang biasanya.

Pakaian
Gunakan pakaian yang berbahan quick dry. Selain cepat kering, bahan tersebut sangatlah ringan.

Matras
Matras angin sangat cocok untuk ultralight backpacking, karena tidak memakan tempat saat packing dan sangat ringan.

Wadah air atau Botol minum
Gunakan botol minum atau dirigen yang bisa dilipat, sudah banyak brand-brand ternama yang menjual produk tersebut.

Tenda
Di Indonesia sudah banyak yang menjual tenda-tenda berbahan ultralight, tentunya produk tersebut sudah mendukung kamu untuk mulai menerapkan konsep ultralight backpacking.

Perlengkapan masak dan Perlengkapan makan
Gunakan kompor spirtus atau kompor-kompor yang memang sudah mendukung konsep ultralight backpacking, saat ini sudah banyak yang menjual jenis kompor tersebut dengan berat yang ringan dan ukurannya sangat kecil. Untuk wadah masak dan makan bisa menggunakan satu atau dua buah nesting.

Perlengkapan multifungsi
Perlengkapan multifungsi tersebut berupa pisau, sendok, garpu dan perlengkapan multifungsi lainnya yang dapat kamu gunakan untuk pendakian.

Jika kamu ingin memakai konsep ultralight backpacking, teruslah mencoba hal baru dan jangan pernah berhenti untuk improvisasi dalam meminimalisir perlengkapan pendakian agar efisien tanpa mengurangi rasa aman dan nyaman.

Categories: Article

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *