Tips Packing Untuk Pendakian

Bagi sebagian pendaki, packing adalah salah satu seni dalam pendakian gunung. Packing dengan cara yang tepat akan sangat membantu kamu dalam hal beban dan efisiensi waktu saat melakukan pendakian. Ketika kamu sudah menentukan ingin ke gunung apa, berapa lama waktu pendakiannya dan sudah mengetahui jumlah teman kamu yang akan berangkat, maka akan sangat mudah bagi untuk kamu memulai seni pendakian yang disebut Packing.

 

Berikut tips yang bisa kamu terapkan pada saat packing untuk pendakian gunung.

1. Membuat daftar perlengkapan
Buatlah daftar perlengkapan yang akan kamu bawa selama pendakian, membuat daftar perlengkapan akan memudahkan kamu saat packing serta menghindari perlengkapan kamu tertinggal atau tidak terbawa.

2. Mengelompokan sesuai kebutuhan
Pengelompokan barang seperti pakaian cadangan/pakaian ganti, perlengkapan kebersihan, logistik, perlengkapan masak dan elektronik akan memudahkan kamu dalam mencari barang tersebut ketika ingin diambil dari dalam carrier.

3. Mengatur penempatan atau tata letak barang
Dalam hal ini, ada dua faktor yang harus kamu perhatikan yaitu berdasarkan berat dan kebutuhan.

credit

Red
Beban berat, kamu dapat meletakan di bagian punggung atau di posisi tengah sampai ke atas bagian carrier. Fungsinya agar beban berat menempel/menyatu di bagian punggung ke atas sehingga beban tersebut tidak bertumpuk di bagian pundak/bahu ketika kamu membawanya. Biasanya barang tersebut seperti air minum atau logistik seperti beras.

Orange
Bagian berat yang berukuran sedang, pada bagian ini dapat diletakan logistik dengan perlengkapan masak, dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan saat tiba di camp area.

Yellow
Beban ringan, posisi bagian ini dapat diletakan barang yang akan digunakan ketika sudah sampai di camp area seperti sleeping bag, bagian tenda yang sudah dipisah, matras lipat, jaket, pakaian ganti atau perlengkapan lainnya.

Green
Pada bagian ini, kamu dapat meletakan barang ringan yang sifatnya dapat digunakan sewaktu-waktu ketika dibutuhkan dalam kondisi tertentu seperti jas hujan, P3K, flysheet, perlengkapan kebersihan, elektronik, dan perlengkapan lainnya.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan bagian kantung luar carrier untuk membawa botol minum, matras, headlamp, cemilan, dan peralatan kecil lainnya yang sewaktu-waktu mudah untuk kamu gunakan.

 

4. Mengatur keseimbangan carrier
Saat meletakan barang ke dalam carrier, perhatikan keseimbangan berat bebannya agar tidak berat di sisi kanan atau kiri. Pastikan carrier dapat berdiri tegak setelah kamu selesai packing.

Tips tambahan:
Sebisa mungkin hindari rongga udara yang ada di dalam carrier, manfaatkan rongga tersebut untuk meletakan barang kecil yang sifatnya akan dipakai setelah tiba di camp area seperti bumbu-bumbu masakan, atau plastik sampah, dan lain-lain, serta memanfaatkan bagian dalam perlengkapan masak/makan untuk diisi dengan bahan makanan atau barang lainnya.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *