Mengatur Ritme Jalan
Saat Pendakian

Setiap orang mempunyai ritme jalan yang berbeda-beda saat melakukan pendakian, mengatur ritme saat berjalan sangatlah penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak terlalu capek ketika melakukan kegiatan pendakian dengan membawa beban di medan yang menanjak ataupun menurun. Ritme jalan yang stabil membuat perjalanan tidak terasa melelahkan, karena dapat membantu tubuh dan otot-otot untuk melakukan penyesuaian.

 

Bagaimana cara menemukan ritme jalan saat melakukan pendakian?

 

Di awal pendakian berjalanlah perlahan dengan hitungan satu langkah per detik untuk beberapa menit sampai kamu bisa menyesuaikan antara langkah dan pernapasan, ketika sudah stabil.. Cobalah untuk dua langkah per detik dan seterusnya sampai menemukan titik dimana kamu mulai bisa menyesuaikan antara langkah dan pernapasan yang konstan saat melewati jalur pendakian yang landai ataupun menanjak dan menurun.

 

Metode ini bisa dibilang susah-susah gampang, karena biasanya kita tidak sabar untuk melangkah dengan cepat apalagi saat di jalur yang landai. Ketika kamu sudah menemukan ritme jalan yang pas, akan sangat berguna untuk perjalanan berikutnya.

Metode tersebut juga baik untuk menyesuaikan kondisi tubuh pada ketinggian tertentu yang biasa kita kenal dengan aklimatisasi.

 

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *